Bisnis Cyberku XK : SEO
SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk
meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web
tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya
halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara
logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih
besar untuk mendapatkan pengunjung.
Mesin pencari besar seperti Google dan Yahoo! menyediakan program dan panduan yang
memungkinkan webmaster mengoptimalkan situsnya agar terindeks dengan baik. Google
menyediakan aplikasi Webmaster Tool (anda harus mempunyai akun di Google guna melihat tool ini)
dan memperkenalkan sitemap berbasis XML standar mereka, sedangkan Yahoo! menyediakan
program Site Explorer (juga harus login dengan akun pengguna Yahoo! anda) yang memungkinkan
webmaster mendaftarkan URL situs, mengecek jumlah halaman web mereka yang telah terindeks di
data-base Yahoo!, dan melihat informasi link masuk. Namun demikian mesin pencari tidak mentolerir
metode SEO yang manipulatif dan menghalalkan segala cara.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media
bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil
pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk
mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan
jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di
internet yang dapat memberikan keuntungan ganda bagi perusahaan pemasaran, seperti :
•
Peluang calon pelanggan mengunjungi situs web mereka menjadi lebih besar. Hal
tersebut dapat berlanjut pada meningkatnya tingkat konversi dari pengunjung biasa
menjadi pembeli.
•
Berada pada peringkat pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi yang
baik bagi sebuah situs di mata pengunjung.
Mesin pencari pada umumnya tidak mencari keuntungan secara langsung dari hasil
pencarian organik. Pendapatan usaha mereka diperoleh dari iklan yang ditampilkan pada
bagian atas atau samping hasil pencarian organik tersebut. Perusahaan yang kurang berhasil
menerapkan strategi SEO sehingga alamat situsnya tidak berada pada posisi teratas dalam
hasil pencarian organik masih dapat memperoleh pengunjung dengan beriklan pada mesin
pencari tersebut.
Pada Google, pemasangan iklan dapat dilakukan melalui Google AdWord. Google AdWord
menerapkan mekanisme pay per click atau bayar per klik, artinya untuk setiap iklan yang
diklik oleh pengunjung, pemasang iklan akan dikenakan biaya, yang besarnya berbeda-beda
tergantung pada proses lelang (bidding) katakunci yang dilakukan oleh pemasang iklan.
No Comment
Post a Comment